Masuki Musim Pancaroba, Ini Saran Dokter Agar Imunitas Tubuh Terjaga

Memasuki musim pancaroba, kerap kali bermunculan berbagai jenis penyakit mulai dari batuk pilek, serangan asma hingga demam berdarah. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, dr. Hargiyanto, M.Kes, mengatakan musim pancaroba merupakan peralihan antara dua musim yaitu musim kemarau dengan musim penghujan.

“Karena adanya perubahan suhu ekstrim inilah yang akan berakibat menurunkan imunitas tubuh sehingga menjadi rentan terhadap penyakit,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam program “Sukowati Menyapa” yang disiarkan radio Persada FM  beberapa waktu lalu.

Dokter Hargiyanto menambahkan, saat musim pancaroba biasanya penyakit yang menyerang disebabkan oleh virus dan bakteri. Selain itu, karena adanya peralihan musim yang tidak menentu ini juga menjadi penyebab terjadinya peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Lebih jauh, ia menyarankan agar menjaga imunitas tubuh sehingga kuat menghadapi berbagai macam virus maupun bakteri yang menyerang. Lalu, bagaimana meningkatkan imunitas tubuh kita?

“Pertama, istirahat yang cukup. Kedua, olahraga rutin. Ketiga, konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Keempat, minum air yang cukup. Dan kelima, perbanyak makan sayur dan buah,” jelasnya.

Di samping itu, ia juga menambahkan untuk menjaga lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Sebagai langkah preventif, ia menyarankan dengan adanya gerakan 3M plus, yakni menguras, menutup tempat air, mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai, dan juga menanam tanaman yang mengusir nyamuk, termasuk memelihara ikan pemakan jentik nyamuk. (isn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *