Menhan Prabowo Puji Peran Babinsa Sebagai Garda Terdepan Pertahanan Nasional

Surakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan 20 motor dan alat komunikasi kepada bintara pembina desa atau babinsa Solo di Komando Rayon Militer Serengan 03 Solo, Selasa siang (24/1).

Turut hadir mendampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo mengatakan babinsa merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan negara.

“Pertahanan kita adalah pertahanan seluruh rakyat, dan intinya adalah TNI, dan ujung tombaknya adalah komando teritorial, yang dilaksanakan oleh para bintara dan babinsa,” kata Menhan.

Prabowo juga mengungkapkan pemerintah bakal memperbaiki sejumlah kantor komando teritorial di seluruh Indonesia. Seperti kodam, korem, kodim hingga koramil.

“Pemerintah telah memutuskan untuk memberdayakan seluruh komando teritorial, hingga ke unsur babinsa, mereka akan dibekali dengan motor dan alat komunikasi yang baru, karena komado teritorial adalah tulang punggung pertahanan kita,” jelas Prabowo.

Sementara itu, Komandan Kodim 0735 Solo, Letkol (inf) Devy Kristiono mengatakan, selain bantuan motor dan alat komunikasi, pihaknya juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar.

“Motor ini sangat penting untuk sarana mobilitas rekan-rekan babinsa, dimana mereka punya tugas membina di wilayah kelurahan masing-masing,” ucap Devy.

Senada dengan Menhan, Dandim mengatakan babinsa merupakan mata dan telinga di masyarakat.

“Babinsa menjadi mata dan telinga bagi satuan kewilayahan, para babinsa bekerja keras selama masa pandemi dengan menjaga isolasi, vaksinasi hingga penyerahan obat,” terang Dandim. (cha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *