Dukung Perlindungan Anak di Hari Anak Nasional 2023: Semua Anak Berpotensi dan Memiliki Kesempatan Sama

Surakarta – Hari Anak Nasional (HAN) diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tahun tepatnya pada tanggal 23 Juli. Tema yang diangkat setiap tahun berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi anak-anak di Indonesia. Di tahun 2023 ini peringatan Hari Anak nasional (HAN) mengangkat tema “Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak”. Momen hari anak menjadi refleksi semua pihak berkaitan dengan hak-hak anak apakah sudah dijamin pemenuhannya.

Dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 ini, kolaborasi untuk suara perlindungan anak dilakukan bersama antara Yayasan Kakak, Hutama Karya, Dinas Sosial, Forum LKSA dan Forum Anak Surakarta. Kegiatan kolaborasi ini dilakukan aksi bersama dengan mengusung tema “Kolaborasi Dukung Perlindungan Anak, Anak Terlindungi Indonesia Maju, Berani Karena Peduli”, di CFD (Car Free Day), Minggu (23/07/2023).

Kepala Dinas Sosial Kota Surakarta, Drs. Agus Santoso, MM, menyampaikan momentum peringatan Hari Anak Nasional ke-39 ini diharapkan dapat merefleksikan adanya perlindungan anak dari berbagai masalah sosial anak. “Seperti anak korban kekerasan, pekerja anak, anak putus sekolah, anak disabilitas untuk dapat dijamin hak-haknya, mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya serta berekspresi dalam mewujudkan harapan dan cita-cita yang diinginkannya untuk mewujudkan Indonesia Emas,” ungkap Agus Santoso.

Sebagai salah satu NGO yang bergerak dalam bidang perlindungan anak diwakili oleh Direktur Yayasan Kakak, Shoim Sahriyati mengatakan aksi kampanye di CFD ini menjadi penegas potret kolaborasi bahwa perlindungan anak merupakan tanggung jawab bersama. “Kolaborasi yang melibatkan NGO, organisasi masyarakat, pemerintah dan Hutama Karya serta anak sebagai subyek merupakan praktik baik untuk upaya perlindungan anak,” kata Shoim.

Sementara itu, Ketua Forum LKSA – PSAA Kota Surakarta mengungkapkan aksi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, sekaligus memberikan platform bagi anak-anak asuh khususnya dari Panti Asuhan (PSAA) – LKSA (lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) yang tergabung dalam Forum LKSA Kota Surakarta untuk tampil dan berpartisipasi. “Kami berharap melalui kolaborasi di acara Hari Anak Nasional tahun ini dapat menjadi momen bersejarah dan berkesan bagi semua peserta,” ujarnya.

Dalam aksi CFD ini, anak dengan berbagai latar belakang berkumpul dan menunjukkan potensi serta bakat mereka. Anak-anak diberikan kesempatan dalam pentas ekspresi bakat, menyuarakan mimpi dan cita-cita, mendukung deklarasi bersama bahwa semua anak berpotensi dan memiliki kesempatan yang sama. Aksi ini melibatkan keaktifan 100 anak dengan berbagai latar belakang berbeda. (isn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *