Festival Ceria Bocah Karanganyar: Bupati Ungkapkan Pembangunan Harus Libatkan Semua Pihak Termasuk Anak-anak

Karanganyar – Forum Anak Karanganyar berkolaborasi dengan Yayasan Kakak dan Pemuda Penggerak menyelenggarakan Festival Ceria Bocah Karanganyar dalam rangka Hari Anak sedunia (World Children’s Day) yang diperingati setiap tanggal 20 November lalu di GOR RM Said Karanganyar, Minggu (10/12/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 170 anak perwakilan setiap kecamatan se-Kabupaten Karanganyar. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Bupati Kabupaten karanganyar serta berbagai organisasi perangkat daerah di Kabupaten Karanganyar.

Bupati Karanganyar H. Rober Christanto, S.E, M.M menyampaikan bahwa pembangunan harus melibatkan semua pihak salah satunya anak-anak. “Jadi luaskan lagi forum anak jangkauannya, ajak temen lain untuk bisa bergabung, agar makin besar dan saling bergotong-royong memajukan Karanganyar,” ungkap Rober.

Ketua Panitia Kegiatan Festival Ceria Bocah Karanganyar, Muhamad Andri Pamungka menambahkan kegiatan ini akan menjadi salah satu jalan untuk perubahan. “Dengan membekali anak-anak dengan wawasan dan bekal yang cukup, diharapkan anak-anak di Kabupaten Karanganyar bisa menjadi agen perubahan yang berkualitas yang mampu menjadi penerus untuk memperjuangkan hak-hak anak dengan penuh suka cita dan tanggung jawab. Karena roda kepemimpinan Forum Anak di Karanganyar diharapkan tidak berhenti begitu saja, melainkan akan terus ada mendampingi dan mendukung terus pemerintah di Karanganyar keterkaitan dengan pemenuhan Hak-hak Anak di Kabupaten Karanganyar,” ujar Muhammad Andri.

Sementara itu, Shoim Sahriyati, Direktur Yayasan Kakak menegaskan anak
menjadi subyek dalam pemenuhan hak anak, dan harus menyuarakan situasinya. “Persoalan anak yang mengetahui adalah anak itu sendiri sehingga upaya pencegahan yang efektif melalui mereka juga. Dan tentu saja harus diberikan ruang, didukung dan dikuatkan oleh orang dewasa. Peran kolaborasi menjadi penting dalam upaya perlindungan anak, dengan penegasan negara sebagai pemegang kewajiban harus hadir dalam pemenuhan hak anak,” paparnya.


Reporter: Chabib Taslim

Editor: Isna Tadzkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *