Asyik! Ada Pocadi Pojok Baca Digital di Terminal Tirtonadi, Nunggu Bus Sambil Baca Buku

Surakarta – Membaca adalah membuka jendela dunia, demikian orang bijak pernah berkata. Sebab, dalam membaca terjadi proses memperoleh pesan dan pengetahuan yang diberikan oleh penulis kepada pembacanya. Selain itu, membaca juga menjadi pilihan terbaik di waktu senggang, seperti saat mengantre periksa dokter, atau saat menunggu kedatangan bus di terminal.

Dalam upaya mendukung peningkatan literasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda, Terminal Tipe A Tirtonadi mengambil langkah dengan menyediakan pojok baca digital di Terminal. Hal itu tentunya didukung serta telah dikomunikasikan dengan pihak Perpustakaan Nasional, dengan diaplikasikannya program Pojok Baca Digital (Pocadi) di TTA Tirtonadi.

Pocadi sendiri adalah layanan akses buku digital yang terbuka bagi umum dan disediakan oleh Perpustakaan Nasional yang ditempatkan di beberapa akses layanan masyarakat.

“Terminal Tirtonadi bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional, memberikan layanan baru bagi penumpang di Terminal Tirtonadi, yakni tempat untuk membaca yang diberi nama pojok digital. Masyarakat bisa mengakses pojok digital di Terminal Tirtonadi ini, mulai pagi hingga malam,” ujar Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, S.T., M.M. Selasa (16/1/2024).

Bandiono mengatakan, keberadaan Pocadi ini sangat bermanfaat, terutama pada saat adanya kunjungan edutrip pelajar ke Terminal Tirtonadi. Dikatakan, dalam sebulan, Terminal Tirtonadi bisa menerima dua hingga empat kali kunjungan edutrip.

“Terminal Tirtonadi kan banyak kunjungan Edutrip, sebulan bisa dua sampai empat kali, nah Pocadi ini bisa sangat membantu mengedukasi, sekaligus menumbuhkan minat baca, kepada anak-anak,” ungkap Bandiono.

Fasilitas yang ada di Pocadi sendiri terdiri dari 4 unit komputer yang full akses pada ribuan koleksi buku digital milik Perpustakaan Nasional Indonesia. Selain itu ada ratusan buku fisik yang juga disediakan di Pocadi.

“Ke depan, kita akan terus upayakan inovasi-inovasi yang menunjang layanan kepada masyarakat, sehingga Terminal Tirtonadi menjadi ruang publik yang nyaman, aman, edukatif, dan rekreatif, bagi semua masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Pocadi, Teguh Widiatmoko mengatakan dirinya senang dengan adanya fasilitas baru ini. Widi, demikian dia biasa disapa, mengaku bisa menunggu bus sambil membaca koleksi buku digital dari fasilitas Pocadi.

“Ya seneng aja, kita nunggu bus, sambil mainan komputer, dan baca-baca. Koleksi bukunya juga lengkap, mulai dari novel, buku teknik, dan lain-lain,” kata dia.

Widi menambahkan, dirinya mengusulkan untuk diadakan penambahan unit komputer.

“Sekarang kan baru 4 unit, siapa tahu nanti akan ditambah lagi, sehingga yang mengakses juga semakin banyak,” ujarnya.


Reporter: Chabib Taslim

Editor: Isna Tadzkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *