Ekosistem Digital di Solo, Asah Bakat-bakat Digital Masa Depan

Surakarta – Solo Initiative for Science Technology & Entrepreneurship Ecosystem (SISTEM) menggelar kegiatan Expert Talks: “Driving Future Talents of Digital Transformation in Indonesia”, di Solo Techno Park, Selasa (5/3/2024). Kegiatan dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kota Surakarta, perwakilan Solo Iniviative for Science Texhnology & Entrepreneurship Ecosystem (SISTEM), Pemimpin BLUD Solo Techno Park, serta perwakilan anak muda dari universitas di Solo.

CEO PT Solution Labs Group Indonesia, Pranowo Sukantyoso Putro, sebagai perwakilan SISTEM, menegaskan komitmen untuk mendukung ekosistem digital di Surakarta dalam mengasah bakat-bakat digital masa depan.

“Hari ini hanya awal dari perjalanan ini. Akan ada banyak program yang akan memberikan manfaat kepada warga Surakarta dan sekitarnya,” jelasnya.

Pranowo Sukantyoso juga mengapresiasi dorongan dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, yang meminta bantuan dalam mengembangkan ekosistem digital kota.

“Karena tahun lalu, Mas Gibran bilang kepada kami untuk membantu menumbuhkan digital ekosistem di kota Surakarta,” jelasnya.

Sementara itu Pimpinan BLUD Solo Techno Park, Yudit Cahyantoro Nyoto Saputro, menyoroti urgensi transformasi digital yang sejalan dengan visi misi Presiden Jokowi untuk mencapai Indonesia emas pada tahun 2045.

“Dari data Kominfo, kita membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital di Indonesia. Solo Techno Park menjadi pusat transformasi digital di Surakarta,” jelas Yudit.

Ia juga menegaskan bahwa keberhasilan Solo Techno Park tak lepas dari kolaborasi yang solid antara akademik, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media.

“Solo ditetapkan sebagai Giga City, tahapan menuju Smart City, dengan percepatan di bidang strategis seperti pemerintahan dan peningkatan keilmuan talenta digital,” katanya.

Seperti diketahui, Solo Techno Park telah mengambil langkah besar dengan menjadi percontohan 5G tercepat di Indonesia, mencapai 1,3 Gbps pada showcase terbarunya. Dengan demikian, Surakarta ditetapkan sebagai Giga City, langkah penting menuju Smart City.


Reporter: Chabib Taslim

Editor: Isna Tadzkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *