160 Pesilat Wakili Sekolah, Ikuti Popda Kabupaten Sukoharjo

Sukoharjo – Sebanyak 160 pesilat mewakili sekolah mengikuti Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Sukoharjo. Dua kategori dipertandingkan yakni kategori tanding dan seni tunggal. Hal ini dikatakan Ketua Panitia Cabor Silat, Punjung Prasetyo saat dikonfirmasi.

“Hal ini untuk menindaklanjuti Pengrop Jateng terkait Popda di setiap kabupaten dan kota, ” ujarnya.

Selanjutnya, IPSI sebagai pelaksana melakukan seleksi Jumat (08/03/2024) dan Sabtu (09/03/2024). Secara rinci peserta putra ada 105 pelajar dan putri sebanyak 62 pelajar. Mereka ini dari peserta tingkat pelajar SMP dan SMA/SMK sederajat.

“Untuk tanding putra dari kelas A sampai G. Tapi ada kelas yang tidak dipertandingkan yakni kelas B, ” ujarnya.

Sedangkan untuk putri dari kelas A hingga H tapi yang tidak dipertandingkan kelas C dan D. Selanjutnya, untuk seni tunggul putra sebanyak 5 peserta silat dan putri ada 6 peserta silat. Untuk mereka yang lolos akan melalui tahapan eks karisidenan Surakarta dengan target 2 emas.

“Mereka ini mewakili sekolah-sekolahan tempatnya belajar selama ini, ” tandasnya.

Salah satu Kepala Pelatih Peserta Silat, Agung Huma mengatakan ada 8 pesilat dibawanya. Mereka mewakili sekolahan SMK Negeri 1 Sukoharjo, SMK 5 sukoharjo, SMA N 2 Sukoharjo, SMA Negeri 1 Kartasura dan SMP N 2 Tawangsari. Terget lolos semua untuk kejuaraan ini dan pengalaman juara daerah pelajar.


Reporter: Chabib Taslim
Editor: Isna Tadzkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *