Pungut Puntung Rokok di Taman Bermain Anak-anak, Relawan Jumpai Orang Merokok di Bawah Rambu Larangan Merokok

Dalam rangka kampanye Global Climate Strike aksi pungut puntung rokok kembali dilakukan di Taman Monumen Banjarsari, Minggu (25/9/2022). Hasil dari aksi yang dilakukan sekitar 45 menit itu menghasilkan temuan 341 puntung rokok, 6 bungkus rokok dan 1 korek gas. Temuan ini tentu menjadi perhatian khusus karena sudah menyalahi Peraturan Daerah (Perda) no 9 tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), salah satunya taman bermain anak.

Ketua Komunitas Pemuda Penggerak, Aprilia Dian Asih Gumelar mengatakan, saat melakukan aksi pungut puntung rokok, masih dijumpai adanya orang yang sedang merokok duduk di bawah tulisan dilarang merokok. “Padahal di sana banyak sekali anak-anak yang sedang bermain. Puntung rokok yang kami temukan juga masih banyak. Ada 341 sampah puntung rokok yang berserakan di taman bermain anak.”

Melalui aksi ini, Aprilia berharap agar masyarakat ikut berperan dalam mewujudkan KTR di taman bermain anak. Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga memberikan peringatan atau sanksi pada masyarakat yang melanggar sehingga Perda ini menjadi efektif dalam implementasinya.

Kegiatan serupa sering dilakukan oleh komunitas ini. Di antaranya di car free day setiap hari ahad, taman balekambang, taman cerdas Nusukan dan beberapa taman di Kota Solo. Namun, hasilnya selalu ditemukan puluhan puntung rokok di kawasan bermain anak-anak. (cha/isn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *