Sedot Perhatian Masyarakat, Latihan Terjun Payung Prajurit Kopassus Jadi Tontonan Warga

Surakarta – Ratusan masyarakat memadati Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan untuk menyaksikan latihan terjun payung prajurit, Kamis (27/6/2024) pagi. Titik mendarat para penerjun berada di dua lokasi yaitu lapangan tembak dan lapangan bola Kopassus.

Komandan Grup 2 Kopassus Kolonel Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) mengatakan latihan terjun payung ini telah rutin digelar, guna menyiapkan prajurit menjalankan misi ke depan.

“Latihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan terjun payung militer personel Grup 2 Kopassus. Dalam pelaksanaannya melibatkan 28 prajurit terlatih,” terang Dangrup Wahyo.

Dangrup Wahyo menambahkan, kegiatan serupa dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun dan pada kesempatan kali ini, dibuka untuk umum.

“Saya agak terkejut dengan banyaknya antusias masyarakat yang datang ke Markas Kopassus. Hal ini menjadi bukti bahwa kran komunikasi dan kemanunggalan TNI dan rakyat berjalan dengan baik,” ucap Dangrup.

Para penerjun menumpang Heli Mi – 17 buatan Rusia. Meski angin berhembus cukup kencang, namun para prajurit mampu mengendalikan payung hingga berhasil dengan selamat dan aman mendarat di titik yang telah ditentukan.

Sementara itu, menurut sejumlah masyarakat yang melihat aksi terjun payung, hal ini merupakan pengalaman pertama mereka.

“Ini menjadi hiburan bagi anak-anak saya, dan mereka terlihat sangat antusias melihat manuver penerjun di udara, ini pertama kali anak-anak menonton langsung terjun payung,” terang Yanto warga Kartasura.

Warga lain asal Sawit, Kabupaten Boyolali, Abianta mengaku sengaja mengajak cucu-cucunya untuk menonton terjun payung.

“Ini saya datang bersama cucu, dan kegiatan seperti ini kalau bisa sering diadakan untuk memberikan hiburan dan kegembiraan masyarakat,” terang Abianta.


Reporter: Chabib Taslim

Editor: Isna Tadzkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *