Kenalkan Kebiasaan Baik, TPA di Laweyan Solo Ajak Santrinya Wisata ke Boyolali

Boyolali – Mengawali kegiatan setelah libur panjang akhir Ramadhan dan Idul Fitri, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Teladan menyelenggarakan kegiatan wisata, Ahad (14/5/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang yang terdiri atas santriwan/santriwati, orang tua atau wali santri dan pengajar TPA Teladan.

Wisata kali ini diadakan di Kebun Raya Indrokilo Teras dan Kolam Renang Umbul Sewu Pengging, Boyolali. Rombongan berangkat dari TPA yang beralamat di Jl. Sere I No 143 Tunggulsari RT 03 RW 16 Pajang Laweyan pukul 08.00 dengan menggunakan moda transportasi kereta kelinci. Keceriaan tampak dari wajah para santri dan wali yang ikut serta.

Arifah Septiana yang bertindak sebagai panitia mengatakan bahwa wisata ini diadakan untuk mempererat tali silaturahmi di antara santri, orang tua/ wali santri dan pengajar TPA Teladan. “Selain itu, dengan wisata ini kami berharap santri lebih bersemangat lagi untuk belajar mengaji di TPA Teladan setelah libur Panjang,” terangnya.

Sebelum berangkat, panitia mengecek kehadiran peserta dengan memanggil nama santri satu persatu. Setelah semua peserta dipastikan lengkap kemudian panitia memberikan arahan dan memimpin membaca doa agar selamat dalam perjalanan. Sekitar jam 8 pagi rombongan berangkat dan sampai di tujuan pertama yaitu Kebun Raya Indrokilo Boyolali.

Kemudian para santri diajak untuk masuk menuju lapangan area outbond. Para santri diajak untuk berdoa sebelum memulai aktivitas kemudian dilanjutkan kegiatan game ringan untuk bina suasana. Setelah itu para santri dan orang tua diajak untuk menikmati suasana alam di Kebun Raya Indrokilo Boyolali sampai pukul 10.30 WIB. Peserta diminta untuk istirahat dan makan terlebih dulu.

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju tempat kedua yaitu Umbul Sewu Pengging untuk berenang. Sesampai di Umbul Sewu peserta melaksanakan shalat Dhuhur lalu berenang dan bermain. Rupanya hari itu pengunjung Umbul Sewu cukup ramai.

Setelah berenang dan bermain selama 1 jam peserta diminta berkemas dan berkumpul untuk persiapan pulang. Rombongan wisata TPA Teladan akhirnya pulang sembari menikmati pemandangan persawahan dan alam pedesaan yang indah di sepanjang jalan.

Ibu Tiwik Mila Insani wali santri menyampaikan bahwa kegiatan wisata ini penting untuk anak – anak agar mereka lebih mengenal lingkungan dan bisa bermain bersama dengan temannya. “Di samping itu, banyak pelajaran yang bisa dimasukkan melalui kegiatan wisata ini. Misalnya membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak tanaman dan fasilitas umum. Melalui kegiatan game dan bermain bersama teman mereka bisa belajar bersosialisasi dan bekerja sama,” tambahnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *