Hari Jadi Bhayangkara ke-78, Satlantas Polresta Solo Gelar Inspeksi dan Cek Kesehatan di Terminal Tirtonadi Solo

Surakarta – Satlantas Polresta Solo menggelar inspeksi dan pengecekan kesehatan di Terminal Tipe A Tirtonadi Kota Solo. Cek kesehatan ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan dalam rangka hari jadi Bhayangkara ke-78 tahun.

“Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke-78,” ujar Kasatlantas Polres Solo, Kompol Agung Yudawan, Selasa (11/06/2024).

Selain memberikan pemeriksaan gratis, pihaknya juga memberikan sedikit penanganan pertama pada kecelakaan, seperti Resusitasi Jantung Paru (RPJ) dan pemberian nafas buatan. Selain itu juga penanganan pendarahan pada kecelakaan.

“Kita berikan dasar-dasarlah, supaya sambil menunggu pertolongan lanjutan, diupayakan dulu penanganan dengan benar dan baik,” kata dia.

Sementara, Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono mengatakan, pihaknya merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini. Dikatakan Bandi, bahwa salah satu faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya adalah masalah human error. Karenanya dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini sebagai langkah antisipasi human error.

“Masalah human error ini menjadi salah satu faktor, nah ini bisa jadi faktor kesehatannya. Misalnya kalau gula darah tinggi punya kecenderungan mengantuk, dan sebagainya. Makanya kita sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini,” ujar Bandiyono.

Sementara, pengurus PO Rejeki Lancar (RELA) di Terminal Tirtonadi, Antok, mengatakan dirinya senang dengan kegiatan seperti ini. Dikatakan cukup membantu dalam mengatasi dan memantau kesehatan pengemudi.

“Ya senang Mas, pengemudinya bisa terkontrol kesehatannya, kalau sakitnya ngga kelihatan, kayak darah tinggi gitu kan ya bahaya. Kalau diperiksa gini, ketahuan, kita minta istirahat dulu ngga usah narik,” kata dia.


Reporter: Chabib Taslim

Editor: Isna Tadzkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *